Profil Bale Juroeng

Bale Juroeng

Bale Juroeng adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat, berdiri 6 April 1999 di Langsa, Aceh dengan aktivitas utama dibidang Lingkungan Hidup dan Budaya, berbasiskan pada masyarakat, tidak mengambil untung, melakukan kegiatan secara swadaya, juga dapat melakukan kerjasama dengan lembaga pemerintah, organisasi, dunia usaha, dan individu di dalam dan luar negeri dengan tatanan kerja saling menghormati dan dapat diperc

Aktivitas Bale Juroeng

Bale Juroeng dalam melakukan aktivitas kegiatannya, menjunjung tinggi kearifan lokal, tidak melanggar etika beragama, budaya, suku dan antar golongan, bekerja sesuai kemampuan sumber daya manusia yang kami miliki, dan memastikan pekerjaan tersebut dapat bermanfaat bagi kelestarian lingkungan dan budaya di wilayah kerja.


Tujuan Kami

  • Mendukung rakyat dan masyarakat serta negara untuk menentukan masa depan pengelolaan lingkungan dan budaya secara berkelanjutan.
  • Memastikan bahwa setiap kegiatan dari dana hibah berjalan sesuai perencanaan sehingga bermanfaat bagi lingkungan yang tepat dan kegiatan tersebut dijalankan sesuai dengan arahan lingkungan, tata cara, sifat sosial dan budaya lokal.


28 Januari 2009

SEJAK DINI MENJADI SAHABAT HUTAN ACEH


Dasar Menjadi Sahabat

Musuh gampang dicari, sahabat sejati sukar di dapat, pernyataan ini adalah realita dari kehidupan manusia, menjadi bersahabat dengan Hutan Aceh tentu di awali dengan mengenalnya.
Tak kenal maka tak sayang, dengan mengenal Hutan Aceh maka akan timbul rasa mencintainya, mencintai adalah wujud dari kasih dan sayang serta peduli untuk menjaga kelestarian Hutan Aceh.
Hutan Aceh terus menyusut keberadaannya, di konversi untuk banyak kegiatan pembangunan, di masa yang lalu penyebab kehancuran hutan di daerah ini terutama diakibatkan oleh kegiatan illegal logging maupun legal logging.
Pengetahuan tentang pengelolaan Hutan Aceh secara berkelanjutan sudah harus dicetuskan dalam bentuk “buku ajar pintar” bagi siswa pada jenjang pendidikan paling dasar dan dilakukan secara berkesinambungan dengan memakai teknik penyampaian yang menarik hati mereka.

Bersahabat Itu Perlu

Setelah keluarga kita, sahabatlah yang membantu kita di saat-saat mengalami kesusahan, walaupun sahabat sejati sangat sukar dicari tetapi usaha-usaha untuk bersahabat perlu terus diupayakan.
Jika ada kedamaian akan banyak muncul persahabatan, sesungguhnya Damai Itu Indah, Hutan Aceh menyimpan keindahan dan kedamaian, menyimpan koleksi bunga raflesia dan bunga bangkai, orangutan adalah sisa jenis primata yang perlu di lindungi, Danau Laut Tawar merupakan cadangan air, sumber ikan air tawar (ikan depik khas Gayo), sungai Alas merupakan surganya bagi penggemar arung jeram. Menjadi sahabat Hutan Aceh berarti telah ada upaya kita bersama untuk menjaganya sekaligus hewan-hewan yang masih tersisa terus dapat bertahan hidup, Hutan Aceh merupakan surga terakhir di dunia untuk tempat tinggal mereka.

(M. Adi Naser, SE, Pendiri Bale Juroeng)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar