Profil Bale Juroeng

Bale Juroeng

Bale Juroeng adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat, berdiri 6 April 1999 di Langsa, Aceh dengan aktivitas utama dibidang Lingkungan Hidup dan Budaya, berbasiskan pada masyarakat, tidak mengambil untung, melakukan kegiatan secara swadaya, juga dapat melakukan kerjasama dengan lembaga pemerintah, organisasi, dunia usaha, dan individu di dalam dan luar negeri dengan tatanan kerja saling menghormati dan dapat diperc

Aktivitas Bale Juroeng

Bale Juroeng dalam melakukan aktivitas kegiatannya, menjunjung tinggi kearifan lokal, tidak melanggar etika beragama, budaya, suku dan antar golongan, bekerja sesuai kemampuan sumber daya manusia yang kami miliki, dan memastikan pekerjaan tersebut dapat bermanfaat bagi kelestarian lingkungan dan budaya di wilayah kerja.


Tujuan Kami

  • Mendukung rakyat dan masyarakat serta negara untuk menentukan masa depan pengelolaan lingkungan dan budaya secara berkelanjutan.
  • Memastikan bahwa setiap kegiatan dari dana hibah berjalan sesuai perencanaan sehingga bermanfaat bagi lingkungan yang tepat dan kegiatan tersebut dijalankan sesuai dengan arahan lingkungan, tata cara, sifat sosial dan budaya lokal.


23 Januari 2009

Nama bale Juroeng

Dasar Ide Penggunaan Nama Bale Juroeng

Bale Juroeng terdiri dari 2 (dua) suku kata dalam bahasa Aceh yang menunjukkan tempat.

Bale dapat diartikan yaitu: rumah panggung yang memiliki ruang terbuka, berdinding sebagian (orang duduk didalamnya akan terlihat dari luar) dipergunakan untuk tempat pertemuan, pengajian, penjagaan dan bersenda gurau.

Juroeng dapat diartikan yaitu: jalan masuk utama dan jalan-jalan kecil lainnya disebuah kampung (gampoeng) di Aceh.

Bale Juroeng dapat diartikan secara bebas yaitu: rumah panggung yang diletakkan di ujung jalan masuk sebuah perkampungan dengan fungsi untuk tempat bertanya, melapor dan pos penjagaan informal yang hampir setiap waktu masyarakat berada di dalamnya.

Mengambil makna kata Bale Juroeng artinya kami relawan peduli lingkungan yang berasal dari Aceh berupaya memberikan informasi lewat kampanye dan mengingatkan kepada kita semua cara-cara pengelolaaan lingkungan secara benar dan bertanggung jawab khususnya di daerah Aceh dan umumnya di Indonesia dan dunia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar